Jelajah
Pesona Agrowisata BUMDes Borobudur
IMG-LOGO
UMKM

UMKM sekitar Candi Borobudur sebagai Destinasi Super Prioritas Wajib Dikunjungi

Create By andy 04 February 2022 11 Views
IMG

Borobudur – Kabupaten Magelang merupakan salah satu daerah dengan pekerjaan sebagai UMKM terbanyak di Indonesia. Lebih dari 106.000 pelaku UMKM di Magelang. Salah satu desa dengan tingkat UMKM terbanyak di Magelang adalah desa Borobudur. Dimana desa Borobudur sendiri merupakan desa yang mendukung destinasi wisata super prioritas, salah satunya Candi Borobudur. 

Salah satu tempat paling banyak UMKM di desa Borobudur adalah daerah sekitar candi Borobudur. Terdapat lebih dari 50 pelaku UMKM berada pada kawasan daerah candi Borobudur. Hal ini menarik perhatian para pejabat sekitar untuk memajukan UMKM di desa Borobudur, salah satunya Kepala Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional

 

Ketua Dekranasda Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah Dekranas. Pelatihan itu dinilai sebagai langkah ikut membangun kawasan wisata berkesinambungan. “Diibaratkan magnet Candi Borobudur itu sebagai matahari. Lalu desa-desa di sekitarnya adalah lilin-lilin yang mengelilinginya. Jangan sampai mataharinya saja yang jadi tujuan. Pelaku usaha kriya jangan jadi penonton saja. Materi pelatihan ini sudah bisa menjawab agar mereka bisa naik kelas,” ungkapannya. Atikoh menambahkan, dijadikannya Borobudur sebagai destinasi super prioritas harus dilihat sebagai peluang. Ia berharap agar antar stakeholder saling mendukung perkembangan wisata di sekitar candi.


Bentuk perhatian yang telah diberikan antara lain dengan diterbitkannya Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pemberdayaan Usaha Mikro, yang dengan peraturan tersebut diharapkan dapat memberikan perlindungan dan manfaat bagi para pelaku usaha pada umumnya dan UKM pada khususnya.

96,8 FM Radio Gemilang